VISI

"Menjadi Lembaga Penjaminan Mutu yang Handal untuk Mewujudkan UST Unggul dan Berkarakter di Tingkat Asia Tenggara dalam Memuliakan dan Mencerdasakan Kehidupan Bangsa Berdasarkan Ajaran Tamansiswa pada Tahun 2025"

 

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (VMTS UST) di susun berdasarkan: (1) Cita-cita pendiri Perguruan Tamansiswa Ki Hadjar Dewantara yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan menanamkan serta menyebarkan benih jiwa hidup merdeka di kalangan rakyat untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia, cita-cita kemanusiaan, serta tercapainya masyarakat tertib damai, salam dan bahagia; (2) Visi Tamansiswa yaitu sebagai badan perjuangan kebudayaan dan Pembangunan Masyarakat  dengan menggunakan pendidikan dalam arti luas untuk mencapai cita-citanya yaitu masyarakat tertib damai, salam dan bahagia; dan (3) Pembukaan UUD 1945 Alenia ke-4 yang mengamanatkan bahwa salah satu tujuan dibentuknya Negara adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

VMTS UST juga mengacu pada  landasan filosofis pendidikan Nasional yaitu  Pancasila dengan  bercirikhas Pancadharma Tamansiswa. Berlandaskan Pancasila artinya kegiatan pendidikan didasari: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebikjasanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.   Pendidikan yang berdasarkan Pancasila mencita-citakan terwujudnya masyarakat yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur. Pendidikan itu bertujuan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang mampu: (1) Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, (2) Meningkatkan kesejahteraan umum, (3) Mencerdaskan kehidupan bangsa dan (4) Turut mewujudkan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Berciri khas Pancadharma artinya dalam mengusahakan pendidikan di UST menggunakan ciri: Kodrat alam diartikan sebagai kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa. Usaha pendidikan di UST menjunjung tinggi kodrat tersebut sebagai sarana tercapainya  tujuan pendidikan. Kebudayaan, diartikan sebagai buah budi yang bersifat indah dan luhur, dan hasil perjuangan hidup manusia menghadapi perubahan alam dan jaman yang membawa kemajuan. Pendidikan di UST  merupakan usaha kebudayaan guna memajukan hidup dan penghidupan mahasiswa lahir batin, secara luhur dan indah, Kemerdekaan, diartikan sebagai swadisiplin dan keseimbangan hak dan kewajiban asasi manusia. Pendidikan di USTmengupayakan dapat terwujudnya swadisiplin dan keseimbangan hak dengan kewajiban asasi pada tiap mahasiswa. Kebangsaan. Pendidikan di UST mengupayakan terwujudnya wawasan kebangsaan, dengan menanamkan peradaban bangsa Indonesia. Kemanusiaan dimaksudkan sebagai penempatan manusia sesuai kodrat, harkat, dan martabatnya. Pendidikan di UST berusaha mempertinggi kodrat, harkat, dan martabat manusia.