LSP

PUSAT SERTIFIKASI PROFESI

Pusat Sertifikasi Profesi merupakan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) mempunyai tugas melaksanakan kegiatan sertifikasi profesi dalam skema sertifikasi sesuai ruang lingkup lisensi yang diberikan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Lembaga Sertifikasi Profesi UST merupakan Lembaga Pelaksana Kegiatan Sertifikasi Profesi yang pembentukannya dipersiapkan oleh Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. LSP UST merupakan badan usaha yang legal yang dibentuk melalui Surat Keputusan Rektor UST Nomor: 79/UST/Kep/Rek/X/2014 di Yogyakarta tanggal 3 Oktober 2014 yang di dalam kepengurusannya terdiri dari Dewan Pengarah dan pengelola.

LSP UST beroperasi hanya dalam skema sertifikasi sesuai ruang lingkup lisensi yang diberikan oleh BNSP. Ruang lingkup lisensi mengacu kepada sektor atau profesi. Ruang Lingkup LSP UST meliputi domain Pertanian, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, dan Desain Kemasan Industri Kecil dan Menengah

Uji Kompetensi atau Asesmen Kompetensi

Uji kompetensi dirancang untuk menilai kompetensi secara tertulis, lisan, praktek, pengamatan atau cara lain yang andal dan objektif, serta berdasarkan dan konsisten dengan skema sertifikasi. Rancangan  persyaratan uji kompetensi menjamin setiap hasil uji dapat dibandingkan satu sama lain, baik dalam hal muatan dan tingkat kesulitan, termasuk keputusan yang sah untuk kelulusan atau ketidaklulusan

Sistem Manajemen LSP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

LSP UST menetapkan, mendokumentasikan, menerapkan dan  memelihara sIstem manajemen yang mampu mendukung dan menunjukkan pencapaian yang konsisten dengan persyaratan dalam Pedoman ini. Selain memenuhi persyaratan Klausul D sampai dengan Klausul H, LSP Pihak Pertama UST menerapkan sistem manajemen sesuai persyaratan.

 

Profil

Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa didasari oleh kebutuhan dan keputusan Rektor Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dalam rangka memperkuat daya saing calon tenaga kerja dan tenaga kerja khususnya di lingkungan pendidikannya sendiri dengan menempatkan penguasaan kompetensi sebagai fokus pengembangan sumber daya manusia. Tujuan utama pendirian LSP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa adalah membangun dan memelihara kompetensi kerja terhadap peserta didik dan sumber daya manusia dari jejaring kerja Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Kepengurusan

LSP UST terdiri dari dewan pengarah, pengelola dan komite skema. Dewan pengarah terdiri atas ketua yang merupakan Rektor UST dan anggota yang terdiri dari wakil-wakil rektor. Pengelola LSP UST terdiri atas ketua, manajer sertifikasi, manajer manajemen mutu, manajer standarisasi dan administrasi. Komite Skema terdiri dari Kaprodi Agrobisnis, Kaprodi Agroteknologi, dan Kaprodi Teknik Industri.