P3C

PUSAT PERENCANA DAN PENGEMBANGAN CATURDHARMA (P3C)

 

Pusat Perencana dan Pengembangan Caturdharma (P3C) mempunyai fungsi dan tugas melakukan perencanaan, pengembangan pendidikan dan pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta pelestarian dan pengembangan kebudayaan.

Penyelenggaraan rencana dan pengembangan Caturdharma dikoordinasikan oleh Pusat Perencanaan dan Pengembangan Caturdharma (P3C). Ketentuan lebih lanjut mengenai penyelenggaraan kegiatan rencana dan pengembangan Caturdharma diatur dalam Standar Perencanaan dan Pengembangan Caturdharma 2017.

Salah satu tugas P3C adalah melakukan perencanaan dan pengembangan pendidikan dan pengajaran yang salah satunya adalah melakukan pengkajian dan pengembangan sistem dan mutu pembelajaran. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan kemampuan para dosen dalam mengelola proses pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan. Kegiatan yang dilaksanakan oleh P3C antara lain:

  1. Mengembangkan metode dan model pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered learning) sesuai dengan Sistem Among.
  2. Mengembangkan bahan ajar, mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK),
  3. Mengembangkan desain  pembelajaran, yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa untuk berfikir kritis, bereksplorasi, berekspresi, bereksperimen dengan memanfaatkan aneka sumber belajar sesuai dengan Sistem Among.

Dalam pelaksanaannya, P3C bekerjasama dan berkoordinasi dengan Koordinator Mata Kuliah Umum (MKU), Kajian dan Evaluasi Kurikulum, Pengembangan Media Pembelajaran, Kajian Anak Usia Sekolah, Pengembangan Praktik Pengalaman Lapangan, Pusat Psikologi Terapan dan Pusat Pusat Pelayanan dan Pelatihan Bahasa (P3BI). P3C juga bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UST untuk meningkatkan kompetensi lulusan dengan melaksanakan uji kompetensi.